FUNGSI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Fungsi Pertanyaan Dalam Pembelajaran Matematika, Definisi Pertanyaan Terbuka Dan Pertanyaan Tertutup Dan Contoh Soal Pertanyaan Terbuka Dan Pertanyaan Tertutup

Fungsi Pertanyaan dalam Pembelajaran Matematika
Tujuan utama atau fungsi utama pertanyaan adalah sebagai berikut:
Meningkatkan partisifasi siswa dalam proses belajar mengajar
Meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap masalah yang ingin dibahas
Meminta siswa berfikir dan mengembangkan pola fikirnya
Membimbing dan menuntun proses berfikir siswa
Memusatkan perhatian siswa terhadap konsep yang sedang dibicarakan
Sedangkan tujuan khusus atau fungsi khusus pertanyaan adalah:
Memulai pelajaran
Menciptakan kondisi belajar
Memberikan motivasi
Mengarahkan pelajaran
Mendiagnosa
Melihat proses
Mengundang siswa untuk bertanya
Menilai guru
Mengevaluasi siswa
Memulai siswa untuk berdiskusi
Menegur siswa yang mengganggu kegiatan belajar mengajar
Berikut pentingnya bertanya dalam kegiatan belajar mengajar menurut pendapat para ahli:
Jantung strategi belajar yang efektif terletak pada pertanyaan yang diajukan guru (Fraengkel).
Dari sekian banyak metode pengajaran, yang paling banyak dipakai adalah bertanya (bank).
Bertanya adalah salah satu teknik yang paling tua dan paling baik (Clark).
Mengajar itu adalah bertanya (Dewey).
Pertanyaan adalah unsur utama dalam strategi pengajaran, merupakan kunci permainan bahasa dalam pengajaran (Hyman).
Alasan kognitif lain bertanya adalah untuk merangsang ingatan memperdalam pengertian, mengembangkan imajinasi dan menggalakkan penyelesaikan masalah.

Definisi Pertanyaan Terbuka dan Pertanyaan Tertutup
Menurut Harlen (1992) dalam Widodo (2006), pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang hanya mengundang satu atau beberapa respon yang terbatas dan biasanya langsung menuju satu kesimpulan. Pertanyaan tertutup mempunyai jawaban yang pasti dan terbatas.
Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang mengundang sejumlah jawaban. Pada pertanyaan terbuka rentangan kemungkinan respon yang dapat diberi adalah lebih luas jika dibandingkan dengan pertanyaan tertutup. Pertanyaan terbuka memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dengan demikian kemampuan berpikir matematis siswa dapat berkembang secara maksimal dan kegiatan-kegiatan kreatif siswa dapat terkomunikasikan melalui proses pembelajaran.
Tujuannya adalah siswa diharapkan dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan pola pikir matematis. Dengan diberikan masalah yang bersifat terbuka, siswa terlatih untuk melakukan investigasi berbagai strategi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu siswa akan memahami bahwa proses penyelesaian suatu masalah sama pentingnya dengan hasil akhir yang diperoleh.

Contoh soal
Contoh pertanyaan terbuka:
Hitunglah luas sisi bola dan volume bola yang berdiameter 11 cm!
Penyelesaian:
Luas sisi bola = 4πr2
= 4 × 3,14 × 5,5 × 5,5
= 379,94 cm2
Volume bola = 1/6πd3
= 1/6 × 3,14 × 11 × 11 × 11
= 696, 56 cm3

Contoh pertanyaan tertutup :
Volume sebuah bola 1.400 cm3. Tentukan jari-jari selimut bola?
6,7cm
6,8cm
6,9cm
6,6cm
Penyelesaian:
V = 4/3 x π x r3
1.400 = 4/3× 3,14 × r3
1.400 = 4,14 r3
r3 = 334,13
r = ∛334,13
= 6,9 cm

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s