GROUP INVESTIGATION (GI)

GROUP INVESTIGASI (GI)
Group Investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Tipe ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok dan dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran

A. Contoh Penerapan Group Investigation
Berikut ini ada contoh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.
CONTOH PENERAPAN METODE GI PADA POKOK BAHASAN PENGOLAHAN DATA DAN PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA SMP KELAS IX
Langkah pembelajaran dibagi dalam dua pertemuan:
• Langkah pertemuan pertama:
Pada tahap pendahuluan guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok dengan komposisi heterogen baik kemampuan, jenis kelamin, suku, status sosial ekonomi dan lain-lain. Guru juga menyampaikan pentingnya mempelajari materi yang akan dipelajari serta menyampaikan tugas yang akan dilakukan tiap kelompok mencari atau mengumpulkan data yang boleh dicari di dalam atau di luar kelas setelah didiskusikan dalam kelompok data apa yang hendak dikumpulkan.
Pada tahap berikutnya dalam kegiatan inti :
a. Siswa mendiskusikan tentang cara menyajikan data dalam tabel menggunakan turus dari data yang telah diperolehnya dengan bantuan LKS.
b. Masing-masing kelompok diminta mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain boleh menanggapi.
c. Pada tahap penutup guru membimbing siswa membuat kesimpulan serta diminta mempersiapkan diri dengan materi cara menentuakan mean, median dan modus dari data mereka untuk pertemuan berikutnya.
• Langkah pertemuan kedua
1. Pada tahap pendahuluan :
a. Kembali siswa diminta berkelompok dan mempersiapkan data yang telah diperoleh sebelumnya.
b. Dalam tahap kegiatan inti maka dengan tuntunan LKS dan bimbingan guru siswa menentukan mean, median dan modus dari data yang diperolehnya tersebut.
c. Setelah diperoleh hasil, maka tiap kelompok mempresentasikan pekerjaannya dan kelompok lain menanggapi.

2. Pada tahap penutup :
a. Setelah cukup tanya jawab guru memberikan kuis individual.
b. Guru mencatat perkembangan siswa dari skor yang diperoleh saat kuis dan pada saat proses pembelajaran.
c. Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
d. Melakukan konfirmasi
e. Mengumumkan hasil kuis dan hasil kelompok.
f. Pemberian penghargaan
Hasil belajar yang diperoleh dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI meliputi:
1. Kognitif: siswa dapat mengukur, mencacah, dan mencatat data dengan turus, serta dapat menentukan rata-rata, median dan modus.
2. Psykomotor: siswa memperoleh keterampilan menyampaikan gagasan secara lisan dan tertulis.
3. Afektif: siswa memperoleh pengalaman kerjasama, berbagi, gembira, disiplin, bertanggungjawab, jujur, menghargai hasil karya orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s